KOLABORASI DENGAN BANK INDONESIA, PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UNSERA GELAR LITERASI EKONOMI DAN KEUANGAN DIGITAL

Serang, 11 Januari 2024

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan Dr. Imanuddin Sahabat, SE., M.M selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten. Dalam materinya, Dr. Imanuddin menyampaikan terkait akselerasi ekonomi keuangan digital. Menurutnya, ekosistem ekonomi dan keuangan digital harus terus didorong agar semakin berdaya saing, mampu mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat mewujudkan pertumbuhan yang kuat melalui pengembangan dan inovasi keuangan digital.

Data Bank Indonesia mencatat bahwa nilai transaksi uang elektronik selama tahun 2022 diprediksi naik hingga Rp404 triliun atau tumbuh 32,27% (yoy). Sementara nilai transaksi digital banking diproyeksikan bertambah sebesar 30,19% (yoy) hingga mencapai sebesar Rp53.144 triliun.

“Tren tersebut menunjukan bahwa sektor keuangan digital punya potensi yang sangat menjanjikan. Untuk itu, kehadiran berbagai platform keuangan digital sebagai domestic player diharapkan bisa mendukung percepatan pertumbuhan dan pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

Novia Indah Lestari, S.AB, MM, CDM selaku ketua pelaksana acara mengungkapkan bahwa diadakannya kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya 4 Program Pendidikan Vokasi UNSERA Akuntansi, Komputer Akuntansi, Keuangan Perbankan dan Manajemen Perusahaan yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan digital.

“Banyak orang sekarang terutama Gen-Z yang kurang baik dalam menggunakan digitalisasi keuangan, terjerat pinjol, gagal bayar. Kami ingin memberi pengetahuan tentang hal tersebut. Selain itu digelarnya acara ini juga bisa sebagai ajang promosi Diploma Vokasi Unsera dan Unsera itu sendiri,” katanya.

Sandy, salah satu mahasiswa Vokasi Unsera mengungkapkan kesannya setelah mengikuti acara.

“Seminar yang cukup berharga untuk saya, khususnya di bidang saya bisnis digital. Buat saya ini menjadi gambaran saya ke depan,” tuturnya.

Sambutan Rektor Universitas Serang Raya Dr. H. Abdul Malik, M.Si.

Sambutan Direktur Pendidikan Vokasi Ratu Erlina Gentari, SE., M.M.

Moderator Seminar Literasi Ekonomi dan Keuangan Digital Ade Nahdiatul H, M.Akt,CTT.,CAAT.,CADE.

Guna memberikan pemahaman akan pentingnya literasi keuangan di era digital saat ini, Program Pendidikan Vokasi Universitas Serang Raya (UNSERA) berkolaborasi dengan Bank Indonesia menggelar sosialiasi literasi ekonomi dan keuangan digital, Kamis (11/1/24). kegiatan ini diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari mahasiswa UNSERA, umum, dan siswa SMA yang sudah bekerja sama dengan Vokasi UNSERA.

Turut hadir Rektor Unsera Dr. H. Abdul Malik, M.Si dan Wakil Rektor 1 Dr. Denny Kurnia, M.M.

Dr. Abdul Malik dalam sambutannya menyatakan bahwa langkah vokasi menggelar kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi kaum muda terkait keuangan digital.

“Di era digital saat ini penting bagi kita untuk bisa mengetahui banyak terkait keuangan digital. Mahasiswa dan kaum muda saat ini harus mampu menjadi agent of change dalam transformasi ekonomi dan keuangan digital,” ungkapnya.

Penyerahan Bingkisan oleh Wakil Rektor I Universitas Serang Raya Dr. Denny Kurnia, M.M.


Bagikan di Whatshap